Posted by : Unknown Monday, September 3, 2018

Ramayana Ballet

Prambanan Yogyakarta


Ramayana Ballet - Ramayana Ballet adalah sebuah seni pertunjukan tarian dan drama yang mengisahkan tentang kisah perjalanan Raden Rama dalam menyelamatkan sang istri Dewi Shinta dari Prabu Rahwana. Cerita dari kisah ini diekspresikan dalam sebuah drama dan tarian tanpa dialog. Hal inilah yang menjadikan Sendratari Ramayana sangat menarik untuk ditonton. 

Singkat cerita, di sebuah negeri yang bernama Mantili terdapat seorang putri raja yang sangat cantik yang bernama Dewi Shinta. Sang ayah yang bernama Prabu Janaka ingin mencari seorang pangeran yang akan dinikahkan dengan putrinya. Prabu Janaka menyelenggarakan sebuah sayembara memanah. Pemenang dari sayembara tersebut adalah Raden Rama Wijaya. Namun ada seorang raja dari Alengkadiraja bernama Prabu Rahwana yang juga ingin memperistri Dewi Shinta. Alasan Prabu Rahwana ingin memperistri Dewi Shinta adalah dia melihat sosok Dewi Shinta adalah titisan dari Dewi Widowati, orang yang sangat dia cintai. 

Pada suatu hari Raden Rama, Dewi Shinta dan Lesmana adiknya sedang dalam perjalanan dan diintai oleh Prabu Rahwana. Untuk mendapatkan Dewi Shinta, Prabu Rahwana mengubah anak buahnya (Marica) menjadi kijang, utuk menarik perhatian mereka. Ketika Dewi Shinta melihat kijang tersebut, dia terpesona dan menginginkannya. Raden Rama pergi untuk memburu kijang tersebut. Karena lama tidak kembali, Lesmana pergi untuk mencari Raden Rama. Lesmana membuat sebuah lingkaran pelindung agar Dewi Shita aman. Prabu Rahwana menggunakan siasat untuk menculik Dewi Shinta dan berhasil. Ketika Raden Rama dan Lesmana kembali Dewi Shinta sudah tidak ada, dan mereka mencarinya. Dalam pencarian tersebut, mereka bertemu dengan seekor burung Garuda bernama Jatayu dan memberitahukan dimana Dewi Shinta berada.Ketika Raden Rama dan Lesmana menuju Kerajaan Alengkadiraja, mereka bertemu dengan seekor kera putih bernama Hanoman dan mereka terlibat dalam sebuah kasus yang dialami Hanoman. 



Baca JugaTaman Sari Watercastle
                     Keistimewaan Keraton Yogyakarta 

Dalam drama pertempuran yang panjang, akhirnya pertempuran dimenangkan oleh pihak Raden Rama dan menyelamatkan Dewi Shinta. Namun muncul keraguan Raden Rama bahwa Dewi Shinta sudah tidak suci lagi. Dewi Shinta membuktikannya dengan pengorbanan diri. Raden Rama pun menerima Dewi Shinta kembali, namun setelah Dewi Shinta hamil, Dewi Shinta dibuang di hutan dan melahirkan anak kembar. Anak tersebut kelak akan melakukan pemberontakan kepada ayahnya. 




Cerita Ramayana Ballet tersebut sungguh menarik untuk diikuti. Banyak scane yang tidak kami ceritakan karna cerita tersebut panjang. Pementasan Ramayana Ballet digelar di pelataran Candi Prambanan. Panggung pementasannya terbuka (open air theater) dengan background Candi Prambanan, namun jika di musim hujan, pementasan dilaksanakan di gedung (Indoor). 

Leave a Reply

Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan berkomentar dengan bijak.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRAVELIN JOGJA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -