Posted by : Unknown Tuesday, September 4, 2018


Candi Kontroversial di Jawa

Candi Sukuh


Candi Kontrovesial di Jawa (Candi Sukuh) - Jika anda mengunjungi beberapa candi yang ada di Jawa dan Yogyakarta, maka anda akan menemukan beberapa kesamaan atau kemiripan. Candi-candi yang dibangun di Jawa merupakan peninggalan kerajaan Hindu dan Budha. Namun di Kabupaten Karanganyar, terdapat sebuah Candi di lereng Gunung Lawu yang sangat unik. Candi tersebut bernama Candi Sukuh. Candi Sukuh merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Dibangun pada masa keruntuhan Majapahit yang saat itu diperintah oleh Prabu Brawijaya V.  

Tidak seperti candi Hindu lainnya, Candi Sukuh memiliki bentuk yang unik, dan tidak lazim. Bangunan-bangunan di komplek ini terlihat sederhana, bentuknya tidak seperti candi-candi Hindu lainnya, terlihat dengan jelas lingga dan yoni sebagai manifestasi dari simbol laki-laki dan perempuan atau simbol kesuburan. Menurut pendapat arkeolog Belanda bernama W.F. Stutterheim (1930), Candi Sukuh dibangun oleh pemahat kayu, bukan pemahat batu, pembangunan candi ini terkesan kurang rapi, dan keadaan politik pada masa itu (keruntuhan Majapahit) tidak memungkinkan untuk membangun candi yang megah.



Jika anda perhatikan, banyak bangunan maupun patung yang sudah tidak utuh. Candi utama terlihat tidak simetris / tegak lurus. Namun yang menjadikan candi ini menarik adalah bentuknya yang mirip dengan Chichen Itza peninggalan budaya maya (Meksiko) dan Inca (Peru). 

Terdapat sebuah mitos bahwasanya jika seorang perempuan yang dapat melewati anak tangga candi utama tanpa merobek kain yang dipakai, maka perempuan tersebut masih suci (perawan). Namun hal tersebut bukanlah sebuah tolok ukur yang tepat. Meskipun kita diwajibkan menggunakan kain ketika memasuki komplek  tidak semata-mata anda dapat menguji kebenaran mitos tersebut. Hal ini berbeda dengan jaman dulu. Pakaian orang Jawa jaman dulu berbeda dengan pakaian jaman sekarang. Kesucian jaman dahulu merupakan sebuah kehormatan yang sangat dijaga. Anak tangga Candi Sukuh sangat sempit dan cukup tinggi, tidak mudah untuk menaikinya. Jika anda mencoba menaikinya sebaiknya berhati hati, karna tangga tersebut hanya cukup untuk satu orang saja, jadi sebaiknya anda mengantri. 

Baca Juga :  Ramayana Ballet
                    Wisata Alam Baru di Gunung Kidul
                    Sejuknya Kawasan Wisata Kopeng

Letak Candi Sukuh berada di Lereng Gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1.186 mdpl. Udara sejuk dan dingin akan terasa pada pagi dan sore hari. Candi Sukuh berada di desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pemandangan di sekitar Candi sukuh sangat indah, dalam perjalanan anda akan disambut dengan pemandangan hutan pinus. Sangat recomended untuk dijadikan destinasi wisata anda. 

Nama    :  Candi Sukuh
Tiket      :   IDR 7,000
                  IDR 25,000 (Foreign)

Leave a Reply

Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan berkomentar dengan bijak.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRAVELIN JOGJA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -