Posted by : Unknown Wednesday, September 5, 2018



Pesona Telaga Biru Semin

Fenomena Warna Biru Telaga di Semin

Pesona Telaga Biru Semin - Jika anda pernah mengunjungi Danau Kalimutu di Flores Nusa Tenggara Timur, maka anda dapat menemukan fenomena yang sama danau berwarna di Telaga Biru Semin, Gunung Kidul. Danau dan telaga tersebut memiliki warna yang kadang berubah ubah. Fenomena yang sama juga terjadi di Telaga Biru Cisoka, Tangerang. Lalu apa yang sebenarnya terjadi dengan air tersebut sehingga warnanya tidak seperti danau umumnya? 

Pada dasarnya perubahan warna pada air dipengaruhi oleh kandungan yang terdapat pada air tersebut. Seperti oksida besi menyebabkan air tampak kemerah merahan, oksida mangan menyebabkan air tampak kecoklatan atau kehitam hitaman. Bahan-bahan organik seperti lignin, tanin, dan asam humus dari dekomposisi tanaman yang sudah mati menimbulkan warna kecoklatan pada air.

Lalu bagaimana dengan warna air biru? Sebenarnya warna tersebut adalah hijau kebiruan. Warna hijau tersebut biasanya muncul di daerah berkapur. Telaga Biru Cisoka dan Telaga Biru Semin memiliki kesamaan. Kedua telaga tersebut berada di daerah berkapur, sehingga warna airnya tampak hijau kebiruan.

                      Wisata Alam Baru di Gunung Kidul
                      Ramayana Ballet 
                      Liburan 2 Hari 1 Malam di Yogyakarta

Telaga Biru Semin terbentuk karena adanya penambangan batu kapur, yang sampai saat ini masih aktif. Bekas galian yang batu kapur tersebut terisi oleh air hujan dan resapan air tanah. Sehingga terbentuklah telaga warna yang indah. Terdapat banyak telaga di sana, dan cukup luas untuk di eksplore.

Lokasi    :  Ngemplak, Candirejo, Kecamatan Semin, Gunung Kidul
Tiket      :  IDR 2,000 - IDR 10,000 (Parkir)
Fasilitas : 

  • Toilet
  • Parkir
  • Rest room
  • Warung makan
  • Mushola


Leave a Reply

Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan berkomentar dengan bijak.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRAVELIN JOGJA - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -